Google Pantau Pergerakan Kita, Begini Cara Menghindarinya

Internet merupakan fasilitas teknologi yang semakin berkembang pesat, bahkan sebagai user internet sampai saat ini tidak bisa terlepas dari google. Banyak layanan yang telah diberikan, mulai dari Email, Cloud Computing, Sistem Operasi Android telah menjadi pilihan utama bagi user internet.

Google mengumpulkan informasi tentang aktivitas user, bahkan informasi lain yang tanpa anda sadari. Berikut ini 2 (dua) hal yang harus diketahui untuk antisipasi monitoring yang dilakukan oleh google :

Pelacakan Lokasi

Selama anda menggunakan fitur GPS Location pada Android, maka sebenarnya google ikut membaca pergerakan anda,  yang intinya semua lokasi yang anda singgahi akan terekam oleh google. Untuk mengetahui riwayat lokasi, kamu bisa membuka Google Maps, dan sapu layar di bagian kanan. Setelah muncul beberapa pilihan, buka “Your Timeline”. Pada kolom tersebut, dapat dilihat seluruh riwayat perjalananmu.

Riwayat Penyimpanan Web

Penjelajahan internet dengan memanfaatkan akun Google juga memungkinkan raksasa internet itu menyimpannya. Jadi, hasil pencarian tersebut juga dapat kamu lihat.

Apabila kamu melakukan pencarian di perangkat berbeda dengan akun yang sama, Google juga akan menyimpan informasi itu.

Hal yang sama juga berlaku ketika kamu mengakses YouTube. Selama masih mengakses layanan berbagi video itu menggunakan akun Google yang sama, riwayat penelusuran akan tetap disimpan.

Tak hanya itu, aktivitas pengguna smartphone Android ketika mengakses sejumlah aplikasi di perangkatnya juga terekam oleh Google. Informasi yang ditampilkan mencakup jumlah aplikasi dan berapa kali dibuka, termasuk informasi waktu akses.

Mas Bem's

Menulis dan Berbagi Ilmu Pengetahuan Terutama Tentang Management Information System dan Information Technology " UTHLUBUL ‘ILMA WALAU BISHSHIIN "

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *