Networking

Saat ini banyak orang yang mulai memasang jaringan komputer nirkabel di rumah mereka (wireless home network) yang mana bisa segera digunakan oleh mereka untuk terhubung ke internet. Contohnya si Agung, karyawan salah satu perusahaan TI di Surabaya telah berlangganan akses internet ADSL melalui Telkom Speedy.

Agung membeli modem ADSL yang dilengkapi pula dengan fasilitas wireless atau Wi-Fi. Dia membeli model itu karena dia memiliki dua buah komputer di rumahnya, sebuah laptop dan desktop PC. Semuanya telah dilengkapi dengan Wi-Fi card dan dia menginginkan semuanya terhubung ke internet melalui access point yang dia buat sendiri.

Selain itu Agung juga memiliki sebuah PDA yang mana terkadang dia perlu akses ke internet dari PDA nya ketika dia di rumah. Tepatlah jika ia membangun access point di rumahnya sendiri.Tetapi masalah selalu saja muncul. Sudah amankah jaringan nirkabel atau access point yang dia buat? Jangan-jangan di sebelah rumah ada hacker yang mengintip data Anda atau juga malah ikut menikmati akses internet dengan gratis. Untuk itu melalui tulisan kali ini akan disajikan beberapa tips yang berhubungan dengan jaringan nirkabel di rumah Anda.

  1. Ganti Password Administrator default dan bila perlu ganti pula usernamenya.
  2. Aktifkan enkripsi.
  3. Ganti SSID default.
  4. Aktifkan MAC Address filtering.
  5. Matikan broadcast dari SSID.
  6. Berikan alamat IP statis kepada peranti Wi-Fi.
  7. Pikirkan lokasi access point atau router yang aman.
  8. Matikan saja jaringan nirkabel jika sedang tidak digunakan.

Mas Bem's

Menulis dan Berbagi Ilmu Pengetahuan Terutama Tentang Management Information System dan Information Technology " UTHLUBUL ‘ILMA WALAU BISHSHIIN "

You May Also Like