Security

TIPS DAN TRIK PENGAMANAN SEPEDA MOTOR

Berikut adalah Tips dan trick pengamanan sepeda motor agar terhindar dari yang namanya ” pencurian”

Parkir di tempat parkir resmi dan aman

Usahakan untuk selalu parkir di tempat parkir resmi dengan tingkat pengawasan dan keamanan yang baik. Kalau bisa pilih saja lokasi parkir yang terdapat petugas yang selalu memeriksa STNK ketika akan meninggalkan tempat parkir, ada tiket bukti parkir, ada kamera pengawas cctv dan banyak petugas keamanan yang menjaga di sekitar tempat parkir.

Berikan tambahan kunci pengaman pada motor

Kunci sepeda motor anda dengan kunci-kunci tambahan, contohnya seperti kunci disc cakram, alarm, kunci setang rahasia, rantai dan lain – lain.

Parkir di tempat yang mudah diawasi

Parkirkan kendaraan  di tempat yang mudah dalam jangkauan anda .

Waspada terhadap mobil box, pickup dan truk yang berada di samping motor anda

Dari beberapa kasus yang terjadi, pelaku curanmor menggunakan jenis mobil-mobil tersebut yang parkir di samping atau sekitar parkir motor anda. Pencuri sepeda montor dapat dengan cepat menggotong motor anda dan kemudian membawa kabur motor anda.

Amankan barang berharga bawaan anda

Hati-hati pula terhadap barang-barang berharga yang anda bawa. Jika ada tempat penitipan helm dan jaket segera titipkan di tempat tersebut. Jika anda khawatir dengan tempat penitipan, anda bisa pasang kotak atau box motor di belakang sepeda motor untuk menyimpan barang seperti helm, dokumen, jaket, jaket jas hujan, alat mekanik, payung, senter, air minum, baju ganti dan lain – lain.

Mengurangi perhatian pencuri

Motor yang terlihat bagus, baru & berdaya jual tinggi dengan sistem pengamanan yang kurang, sangat disukai oleh pelaku curanmor. Motor yang biasa saja dengan pengamanan yang cukup & bila dijual harganya murah termasuk jenis motor yang cukup aman dari pencurian motor. Menutup motor anda dengan kain penutup motor dapat mengurangi perhatian pencuri dan akan mempersulit pencuri untuk melaksanakan aksinya. Dengan menutup motor dengan bahan anti air juga dapat melindungi motor dari kehujanan dan terik sinar matahari terutama bila diparkir dalam waktu yang cukup lama.

Membina hubungan baik dengan petugas parkir dan tetangga

Memang terkesan seperti hal tidak perlu untuk dilakukan namun untuk lebih aman, jika anda parkir di tempat yang rutin atau sering misalnya di kampus, kantor, rumah, mini market, warung dan lain-lain. Anda bisa pelan-pelan membina hubungan baik dengan orang di sekitarnya.

 

Mas Bem's

Menulis dan Berbagi Ilmu Pengetahuan Terutama Tentang Management Information System dan Information Technology " UTHLUBUL ‘ILMA WALAU BISHSHIIN "

You May Also Like